news

Pemuda Sant’Egidio Pretoria bermalam minggu bersama orang miskin: kisah solidaritas yang berkesinambungan di Afrika Selatan

1 Agustus 2017 - PRETORIA, AFRIKA SELATAN

HomelessSud Africa

Berbagi Di

Pada hari sabtu bertempat di Sunnyside, pinggiran kota Pretoria, ada banyak para tuna wisma yang berkumpul di Paroki St. Martin de Porres untuk jamuan makan malam bersama Komunitas Sant’Egidio. Persahabatan dengan orang miskin di Sunnyside telah dimulai beberapa tahun lalu dengan pembagian makanan kepada beberapa orang dipinggir jalan, namun, semakin hari, solidaritas ini pun berlanjut: jumlah orang yang mau membantu membagi-bagikan makanan meningkat, jumlah orang yang mau ikut serta berdonasi atas karya teman-teman muda Afrika ini juga bertambah.

Saat ini, Komunitas di Sunnyside berkumpul setiap malam Minggu di Gereja St. Martin de Porres, dimana tempat tersebut menyediakan makan malam bagi sekitar 150 sahabat jalanan, mereka berasal dari berbagai tingkat usia, dari umur 20 sampai 60 tahun, banyak berasal dari Afrika Selatan, dan beberapa dari Zimbabwe. Telah menjadi suatu janji penting bagi Uskup Agung Pretoria Mgr. William Slattery sehingga dia tidak mau melewatkan momen, dimana dia ikut melayani makan malam ini bersama dengan para volunteer Komunitas Sant’Egidio lainnya.