Riccardi Andrea: di web

Riccardi Andrea: di jaringan sosial

Riccardi Andrea: tekan ulasan

change language
anda berada di: home - news newsletterlink

Support the Community

  
17 Maret 2014 | SHKODER, ALBANIA

“Menghidupi masa tua bersama keluarga”

Konferensi yang diorganisir Komunitas Sant’Egidio Scutari bersama Kementerian Sosial Albania.

 
versi cetak

Pada 12 Maret, konferensi “Menghidupi masa tua bersama keluarga” yang diorganisir Komunitas Sant’Egidio Scutari, diselenggarakan bersama dengan Kementerian Sosial Albania. Lebih dari seratus orang terdiri dari kaum muda, pekerja sosial, kaum religius serta anggota masyarakat sipil, berpartisipasi dalam studi sehari dan pengamatan situasi kaum lansia di negara tersebut.

“Sangatlah penting -  seperti yang ditekankan Komunitas Sant’Egidio - untuk tinggal bersama keluarga saat usia tua, daripada di panti lansia; dimana kesunyiaan dan kondisi kehidupan yang sulit membuat banyak kehidupan orang menjadi berat dan menyedihkan”. Komunitas mengundang semua pihak untuk merancang kebijakan sosial bagi kaum lansia di panti lansia agar dapat membantu kaum lansia tersebut, sehingga dapat tercermin dalam persahabatan antara kaum muda dan tua, seperti yang disebutkan oleh Paus Fransiskus berkali- kali, “suatu jalan membangun kota yang lebih manusiawi dan terbuka”. Bardhok, seorang dari 69 kaum lansia yang tinggal di panti lansia kota itu berterima kasih kepada kaum muda Komunitas Sant’Egidio “atas persahabatan mereka yang berbuah selama bertahun-tahun, telah menjadi keluarga bagi yang ditinggalkan”. Mgr. Angelo Massafra, uskup dari Keuskupan Agung Shkoder-Pult, menekankan dasar persekutuan ini bermurah hati dalam kehidupan.

Sebagai lembaga alternatif bagi kaum lansia, Komunitas Sant’Egidio menghadirkan berbagai pengalaman di rumah perawatan, diselenggarakan bersama pejabat lokal yang berwenang, dan rumah keluarga di Roma, Milan dan kota-kota Eropa lainnya. Menteri Urusan Sosial, mengenalkan nilai pengajuan ini, berkomitmen “meletakkan kaum lansia - yang saat ini ada antara 8-9 % dari populasi Albania - menjadi pusat kebijakan sosial di tahun 2014, yang menjadi Tahun Keluarga”.