Riccardi Andrea: di web

Riccardi Andrea: di jaringan sosial

change language
anda berada di: home - persahab...g miskin - sahabat-...di jalan - makan siang natal - natal, s...uh dunia newsletterlink

Support the Community

  

Natal, Sebuah keluarga sebesar dunia: festival dan makan siang Natal dengan Komunitas Sant'Egidio di Italia dan di seluruh dunia


 
versi cetak

Natal, Sebuah keluarga sebesar dunia: festival dan makan siang Natal dengan Komunitas Sant'Egidio di Italia dan di seluruh dunia

Perjamuan Natal dengan orang miskin mrupakan sebuah tradisi Komunitas Sant’Egidio. Perjamuan ini dilakukan pertama kalianya pada tahun 1982, dengan sekelompok kecil orang miskin yang di kumpulkan oleh Komunitas Sant’Egidio di dalam Basilika Santa Marian di Trastevere. Tamu undangan yang hadir ada 20 orang, para lansia dari lingkungan Trastevere, yang telah lama tidak memiliki sahabat, yang pada hari pesta itu kemungkinan akan tinggal sendiri dan beberapa tuna wisma yang dikenal di jalan-jalan di kota roma

Dari makan siang natal tahun 1982 meja perjamuan semakin meluas dari tahun ke tahun dan sekarang hadir dimanapun Komunitas berada.
Natal yang luar biasa, tahun lalu mencapai 100.000 orang dari 5 benua: orang jalanan, di panti-panti, di penjara. Banyak sahabat Sant’Egidio yang ikut pada pesta itu.
Pesta-pesta tersebut dibuat di dalam gereja, di rumah-rumah, juga di berbagai panti jompo, panti asuhan, panti untuk orang cacat, di penjara, di rumah sakit, juga di jalan. Karena arti natal adalah membawa suasana pesta pada mereka yang ada di sudut gelap, dingin, dan dilupakan.

Pesta dimulai pada malam Natal, tanggal 24, dengan pembagian makan malam di jalan-jalan bagi para tuna wisma. Di kota-kota dingin di Utara, dari Moskow sampai Antwerpen, Paris, dimana banyak orang tinggal sendiri di jalan-jalan yang dipenuhi dengan lampu atau di kota-kota miskin di bagian Selatan dunia.
Di tempat-tempat tersebut, dibagikan hadiah-hadiah sederhana, kandang natal kecil, pohon natal, musik dan terlebih-lebih persahabatan, kebahagiaan, perhatian pada semua orang yang merupakan "resep" pesta indah yang penuh cinta.
Pesta ini semakin meluas dari tahun ke tahun, dan juga telah mencapai banyak negara di Selatan di semua benua.
Perayaan indah, walaupun kadang dengan prasarana yang sederhana dan komitmen yang besar dari banyak orang-orang muda yang juga hidup dalam dunia yang miskin atau konfilik.
Tahun lalu di Amerika, ribuan orang melakukan pesta di Salvador, Meksiko, Argentina, Guatemala, Ecuador, Cile juga di Cuba, dimana anak-anak dari Negeri Pelangi mengadakan sebuat pertunjukan pada perjamuan Natal dengan para lansia.

Di banyak kota di Indonesia, negara dengan jumlah penganut agama Islam terbesar di dunia, undangan dari Komunitas merupakan saat-saat pesta dan persahabatan dengan berbagai agama. Begitu juga di Pakistan. juga di berbagai tempat di Afrika ada kebahagiaan Natal: seperti di Mozambik, perjamuan Natal dirayakan di berbagai kota, mengikutsertakan anak-anak, pengemis, pesakit lepra, orang buta, keluarga miskin dan banyak para tahanan
Di Afrika, kemiskinan sangat terasa di penjara.Di beberapa penjara tidak ada tempat tidur, tidak ada kamar mandi dan jumlah penghuni sel sangat banyak. tidak ada kebersihan, sehingga sangat mudah sakit dan mati. Pelayanan dari petugas penjara tidak mencukupi. Jika tidak ada makanan yang datang dari keluarga tahanan, maka mereka akan kelaparan. Oleh karena itu banyak Komunitas Sant’Egidio di Afrika, seperti Mozambik, Guinea Conakry, Burkina faso, tidak hanya mengunjungi mereka, tapi  pada Hari Natal mereka mengadakan perjamuan Natal bersama dan merupakan makan yang sesungguhnya dalam setahun.
Di Pantai Gading, di Camerun, di Madagascar, di Tanzania, di Uganda, diadakan pesta dengan para pengemis buta dan anak-anak jalanan
.
Adalah sangat berarti sekali usaha yang dilakukan oleh mereka, walau dengan sarana yang seadanya, mereka berhasil mengadakan perjamuan dengan ribuan orang, lebih dari yang dilakukan di Eropa.

Makan Siang Natal di Santa Maria Trastevere
Menu
Lasagne al forno (lasagna)

Polpettine di carne (perkedel daging)

Gateau di patate (kue dari kentang)

Lenticchie (seperti kacang)

Dolci di Natale, frutti di stagione,spumante (kue natal, buah-buahan, sampanye)

Kemudian….
Sinterklas!

NATAL DI ROMA :

Sekitar 10.000 pengunjung (2.000 pengunjung di Trastevere)

NATAL  DI ITALIA:

tra le tante città: Genova, Messina, Bari, Milano, Firenze, Torino, Novara, Padova, Napoli, Catania, Cosenza, Palermo, Trieste, Reggio Calabria

NATAL DI SELURUH DUNIA:
 
Lebih dari 500 kota di dunia di lebih dari 70 negara.

Eropa (Spanyol, Jerman, Russia, Austria, Ungaria, Romania, Francia, Portogallo, Ukraina, Belgia, Polonia, Repubblica Ceca, Albania…)
 
Amerika (Salvador, Meksiko, Nicaragua, Argentina, Guatemala, Cuba, Perù, Kolombia, Cile, Usa, Kanada…)

Afrika (Mozambik, Guinea Conakry, Ciad, Burkina Faso, Pantai Gading, Kamerun,  Madagascar, Tanzania, Nigeria, Uganda, Republik Demokrasi Kongo, Kenya, Afrika Selatan, Ghana, Malawi, Capo Verde…)

Asia (Indonesia, Pakistan, Filippine, Hong Kong….)

Makan Siang Natal



Setup and collections

Help us to set
a world wide table

BERITA TERKAIT
27 Februari 2009

Abidjan (Pantai Gading): Hari valetine yang spesial, perjamuan makan siang bersama anak jalanan

IT | EN | FR | ID
17 Desember 2011
ROMA, ITALIA

Natal bersama orang miskin: lebih banyak kegembiraan dengan memberi...

IT | EN | ES | DE | FR | RU | ID
4 Juli 2011

Jakarta (Indonesia) – Jumlah banyak - Lebih dari 700 orang - berkumpul untuk merayakan Pesta Negeri Pelangi dengan tema: “Aku Cinta Damai”

IT | DE | FR | NL | ID
21 Desember 2009

Novara: Peresmian Mensa bagi orang miskin dari Komunitas Sant'Egidio

IT | ES | DE | FR | PT | CA | NL | ID
18 Desember 2009

Siaran Pers: Paus Benediktus XVI mengunjungi mensa Komunitas Sant’Egidio yang diperuntukkan bagi orang-orang miskin, pada tgl 27 Desember, di hari Pesta Keluarga Kudus.

IT | EN | ES | DE | FR | CA | ID
semua berita terkait

ASOSIASI PRESS
22 Agustus 2017
Il Mattino di Padova
Lavorare per far crescere la "voglia di comunità" a Padova
13 Agustus 2017
La Repubblica - Ed. Genova
La fame non va in vacanza, l'estate degli invisibili in coda per un panino
12 Agustus 2017
La Repubblica - Ed. Genova
Quella città invisibile fatta di poveri
31 Juli 2017
L'huffington Post
Andrea Riccardi: La povertà non è un reato, lo dice la Cassazione, ma anche il buon senso di un’Italia solidale
10 April 2017
Vatican Insider
Senzatetto e poveri, apre la “Lavanderia del Papa”
semua pers terkait

VIDEO FOTO
9:04
Il Cuore più Grande - Storie di vita

1165 kunjungan

1136 kunjungan

934 kunjungan

1102 kunjungan

952 kunjungan
semua media terkait